tag:blogger.com,1999:blog-10525308491626396442024-03-08T04:38:12.098-08:00Teknik Pengelasankarack Tuamhttp://www.blogger.com/profile/11470274547303289754noreply@blogger.comBlogger3125tag:blogger.com,1999:blog-1052530849162639644.post-37634214104915672342012-03-18T21:45:00.002-07:002012-03-18T21:45:12.039-07:00<h3 class="post-title entry-title">
PENGELASAN TIG PADA PELAT ALUMINIUM PADUAN SERI 1145
</h3>
<div class="post-header">
</div>
<div style="text-align: justify;">
Logam akan mengalami pengaruh
pemanasan akibat pengelasan, dan mengalami perubahan struktur mikro
disekitar daerah lasan. Bentuk struktur mikro logam disekitar daerah
lasan bergantung pada temperatur tertinggi yang dicapai pada pengelasan,
kecepatan pengelasan, dan laju pendinginan daerah lasan. Apabila
struktur mikro logam mengalami perubahan, sifat mekanik logam tersebut
juga akan mengalami perubahan. Daerah logam yang mengalami perubahan
struktur mikro akibat mengalami pemanasan karena pengelasan, disebut
Daerah Pengaruh Panas (DPP) atau Heat Affected Zone (HAZ). Perubahan
struktur mikro dan perubahan sifat mekanik pada logam yang mengalami
proses pengelasan inilah yang diteliti didalam Tugas Akhir ini.
Perubahan struktur mikro dapat diteliti dengan pemeriksaan metalografi,
dan perubahan sifat mekanik dapat di teliti dengan pengujian mekanik,
yang dilakukan dengan uji tarik dan uji kekerasan. Adapun logam yang
dilas adalah pelat Aluminium Paduan Seri 1145 menurut standard Aluminium
Association (AA) di Amerika, sesuai basil pemeriksaan komposisi kimia.
Proses pengelasan dilakukan dengan TIG Welding (Tungsten InertGas
Welding). </div>
<div style="text-align: justify;">
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: </div>
<div style="text-align: justify;">
1.
Untuk kecepatan pengelasan tetap dan arus pengelasan semakin besar;
maka daerah pengaruh panas (HAZ) sesmakin lebar, butir pada HAZ
bertambah besar, kekerasan pada HAZ turun. Kekuatan tarik sambungan las
maksimum ada arus pengelasan 90 Ampere. </div>
<div style="text-align: justify;">
2.
Untuk besar arus pengelasan tetap dan kecepatan pengelasan semakin
tinggi; maka daerah pengaruh pana s (HAZ) semakin menyempit, butir pada
HAZ semakin halus, kekerasan pada HAZ turun. Kekuatan tarik sambungan
las maksimum pada kecepatan pengelasan 200 mm/menit.</div>karack Tuamhttp://www.blogger.com/profile/11470274547303289754noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1052530849162639644.post-2655086075586181382012-03-18T21:44:00.002-07:002012-03-18T21:44:23.584-07:00<a href="http://www.ebookpdfgratis.com/teknik-las-aluminium.html" target="_blank"><strong>cara mengelas aluminium</strong></a>,
kali ini kita akan membicarakan beberapa teknik mengelas lainnya. Anda
mungkin sudah biasa melihat orang mengelas pagar, mengelas body
kendaraan dan beberapa pengelasan lainnya. Metode yang dipergunakan
antara lain teknik welding dan lain-lain.
<br />
Yang anda lihat adalah pekerjaan yang mudah tetapi membutuhkan
keahlian khusus. Enaknya semua dilakukan di darat. Lalu bagaimana
mengelas sebuah kapal? Selain membutuhkan ekstra tenaga anda juga
membutuhkan ekstra skil untuk <strong>pengelasan di bawah laut.</strong><br />
Pengelasan dibawah laut, butuh perhitungan yang tepat dan alat khusus tentunya. Tingkat <strong>keselamatan kerjanya </strong>pun sangat rendah. Selain menggunakan alat yang cukup berbahaya, resiko kematian pun lebih besar karena bekerja di bawah laut.<br />
<a href="http://www.ebookpdfgratis.com/pdf/pengelasan-di-bawah-air.html" target="_blank"><strong>Pengelasan di bawah laut</strong></a> menggunakan alat-alat khusus seperti <em>waterproof electrodes</em> dan <em>katodic protection</em><br />
Untuk <a href="http://www.ebookpdfgratis.com/pdf/pengelasan-di-bawah-air.html" target="_blank"><strong>pengelasan di bawah laut</strong> </a>menggunakan
metode GTAW atau metode wet welding. Metode yang digunakan tergantung
kedalaman laut. Hal ini disebabkan karena pengaruh tekanan air laut
sehingga metode yang digunakan pastinya berbeda. Resiko mengelas di
darat dan dilaut tentu sangat jauh berbeda. Sama-sama berpotensi untuk
tersetrum tetapi untuk yang dilaut tingkatannya lebih tinggi.karack Tuamhttp://www.blogger.com/profile/11470274547303289754noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-1052530849162639644.post-3681440891938101542012-03-18T21:43:00.002-07:002012-03-18T21:43:27.637-07:00Las Argon adalah teknik yang digunakan untuk mengelas aluminium.
Mesin las argon dapat dibeli di toko-toko penyedia alat pertukangan dan
perbengkelan.
<br />
Mesin las argon tidak dijual sebanyak mesin las listrik biasa. Ini dikarenakan pengguna las argon yang sedikit serta <a href="http://www.ebookpdfgratis.com/cara-las-argon.htm" target="_blank"><strong>cara las argon</strong></a> yang sedikit rumit dibandingkan las listrik biasa. Sebenarnya teknik ini menggunakan TIG Welding (<em>Tungsten Inert Gas</em>)
yaitu proses perpaduan logam reaktif seperti aluminium dan magnesium .
Pada penggunaanya butuh panas stabil sehingga molekul besi bisa menyatu
dan hasil lasnya lebih rata dan lebih baik.<br />
Alasan mengapa <a href="http://www.ebookpdfgratis.com/pdf/cara-las-argon.html" target="_blank">cara las argon</a>
lebih cepat ketimbang cara las biasa. Hal ini disebabkan argon sebagai
gas pelindung yang digunakan dalam welding lebih berat dari udara
sehingga cakupan dan kecepatan pengelasan lebih tinggi.karack Tuamhttp://www.blogger.com/profile/11470274547303289754noreply@blogger.com0